Senin, 17 Februari 2014

Perbedaan Teori Lamark dan Darwin


TEORI EVOLUSI MENURUT JEAN BAPTISE LAMARCK  

Lamarck mengatakan bahwa evolusi diakibatkan oleh perubahan sifat yang diwariskan karena makhluk hidup selalu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. yang diperoleh dari nenek moyangnya.


TEORI LAMARCK YANG DICONTOHKAN DENGAN JERAPAH


  TEORI EVOLUSI MENURUT CHARLES DARWIN

Darwin mengatakan bahwa evolusi diakibatkan oleh hal-hal berikut :

1.Mekanisme seleksi alam

2. Adaptasi

TEORI DARWIN YANG DICONTOHKAN DENGAN JERAPAH


Teori yang di kemukakan Darwin sangat dipengaruhi oleh hal-hal berikut:

  Ekspedisinya ke kepulauan Galapagos (Galapagos = kura-kura raksasa). Di tempat ini Darwin menemukan berbagai macam bentuk paruh burung   Finch. Terjadinya keanekaragaman ini disebabkan oleh perbedaan jenis makanannya.

  Pendapat Charles Lyell  dalam bukunya “Principles of Geology“ yang menyatakan bahwa batuan, pulau, dan benua selalu mengalami perubahan. Menurut Darwin peristiwa ini kemungkinan dapat mempengaruhi makhluk hidup.
 
  Pendapat Thomas Robert Malthus dalam bukunya “An Essay on the Principle of Population”  yang menyatakan adanya kecenderungan kenaikan jumlah penduduk lebih cepat daripada kenaikan produksi pangan. Hal ini menurut Darwin menimbulkan terjadinya suatu persaingan untuk  kelangsungan hidup.

Kesimpulan :

Perbedaan penting antara teori Lamarck dan Darwin terjadi pada penjelasan variasi dalam populasi. Pada penjelasan Lamarck, variasi terjadi sebagai hasil dari perubahan lingkungan. Sedangkan menurut Darwin, variasi terbentuk dengan sendirinya, bukan sebagai respons terhadap kondisi lingkungan.





5 komentar: