Jumat, 05 Oktober 2012

Contoh Teks Drama


LUTUNG KASARUNG

Alkisah , ada sebuah kerajaan di pulau Jawa , kerajaan itu di pimpin oleh seorang raja bernama Prabu Tapa Agung yang mempunyai dua orang putri bernama Purbasari dan Purbararang. Pada suatu hari, karena Prabu Tapa Agung sudah tua, ia menunjuk Purbasari putri bungsunya sebagai pengantinya.

Prabu Tapa Agung : Aku sudah tua saatnya aku turun tahta. Aku akan menunjuk kamu, Purbasari sebagai pengganti ku.
Purbasari                     :       Baiklah Ayahanda.
Purbararang             : (Marah) Aku putri sulung, seharusnya ayahanda memilih aku.
Indra Jaya                  : ya, ayahanda seharusnya purbararang yang menjadi penerusmu !
Prabu Tapa Agung : Tidak bisa, Keputusanku sudah bulat

Kemarahan yang sudah memuncak membuat Purbararang mempunyai niat mecelakakan adiknya. Ia meminta seorang nenek sihir untuk menyihir Purbasari.

Purbararang             :         Hai  nenek sihir , bisakah kamu menyihir purbasari menjadi jelek  dan bau.
Nenek sihir               :         Tentu bisa tuan putri , tapi .... apa imbalan nuntukku
Purbararang             :         aku akan memberimu emas yang banyak . yang penting , purbasari bisa menjadi jelek
Nenek sihir               ;         Tentu Putri
Purbararang             :         (tertawa)
Lalu nenek sihir pun langsung membacakan mantra keesokan paginya purbasari menjadi jelek dengan kulitnya yang bertotol – totol hitam.

Purbararang             : lihat ayahanda, masa ayahanda menunjuk orang yang jelek seperi itu sebagai        pemegang tahtamu.
Purbasari                   : apa yang terjadi padaku!
Purbararang             : orang yang dikutuk seperti dia tidak pantas jadi seorang ratu.
Prabu tapa agung   : betul putriku, pengawal cepat usir purbasari dari istana!
Purbasari                   : ayah, jangan usir aku . aku juga tidak tahu apa yang terjadi padaku  (menengis)
Prabu tapa agung : Berhenti menangis putriku pengewal ........ seret dia !!!
Pengawal                  : Baik tuanku, akan saya laksanakan.
Purbararang dan indra jaya : (tertawa senang)
                                        Kemudian, diusirlah purbasari dari istana lalu sang pengawal membawa purbasari kedalam hutan.
Pengawal                  : maafkan saya tuan putri!
Purbasari                   : Tidak apa-apa pengawal.
Pengawal                  : Baiklah,Sebagai permohonan maafku,saya akan membuatkan tuan putri sebuah    gubuk untuk tempat tinggal.
Kemudian pengawal itu segera membuat sebuah gubuk. setelah itu,
Pengawal                  : tuan putri, saya mohon pamit untuk segera ke istana.
Purbasari                   : terima kasih pegawal
Purbasari pun tinggal sendirian dihutan. suatu hari, ketika purbasari duduk didepan gubuknya, dia melihat seekor lutung yang muncul dari semak-semak

Purbasari             : (Ketakutan) Siapa kamu ?
Lutung Kasarung : (Muncul dari semak-semak) tuan putri . . . . Jangan takut , nama saya . . . . Lutung Kasarung. Saya . . . . hanya ingin berteman . . . . dangan tuan putri . . . .
Purbasati             : Baiklah, aku akan berteman dengan mu

Akhirnya Purbasari dan Lutung Kasarung berteman. Lutung Kasarung sangat perhatian dengan Purbasari. Ia sering membuat gembira Purbasari dengan membawakan bunga-bunga yang indah. Pada suatu malam bulan purnama, Lutung Kasarung berjalan ke tempat yang sepi lalu bersemedi.

Purbasari             : Lutung . . . . apa yang kamu lakukan ?

Tiba-tiba tempat bersemedi Lutung Kasarung menjadi telaga kecil.
Lutung Kasarung : Tuan putri,  mandilah di telaga ini.

Purbasari             : Apa manfaatnya bagi ku ?

Lutung Kasarung : (Menarik tangan Purbasari) Ceburkan dirimu.

Akhirnya Purbasari menceburkan dirinya ketelaga itu. lalu sesuatu terjadi pada kulit purbasari. kulitnya menjadi bersih dan cantik kembali
Purbasari             : wahhh...... apa yang yang terjadi padaku aku kembali seperti semula . lutung terima kasih.
Lutung kasarung : ya putri sama – sama .
Keesokan harinya purbasari dan lutung kasarung kembali ke istana.
Pengawal            : (Kaget) Putri........ putri purbasari telah kembali
Purbararang       : (Kaget) bagaimana kamu bisa kembali menjadi cantik
Purbasari             : ini semua berkat lutung kasarung.
Purbararang       : baiklah aku kalah tapi sekarang ayo kita adu ketampanan tunangan kita,ini tunanganku              
                                (Menarik tangan  tunangannya)
Indra jaya            : (Angkuh)  aku adalah tunanga purbararang. Aku adalah pria tertampan di kerajaan ini/
Purbasari             : (gelisah) hmmm…..( menarik tangan lutung kasarung).dia adalah tunangan ku.
Lutung kasarung pun melonjak-lonjak seakan-akan menengangkan purbasari.
Purbararang       : (tertawa) Jadi monyet itu tunangan mu
Indra jaya            `: (tertawa)
Purbasari                   : Ia….. Memangnya kenapa ?
Lutung Kasarung lalu bersemedi. Tiba-tiba terjadi suatu keajaiban, Lutung Kasarung berubah menjadi Pemuda yang Tampan.

Semuanya           : (Terkejut)
Purbasari             : (kaget) Lutung ....... kau ternyata adalah seorang pangeran .....
Lutung Kasarung : ya putri, aku sebenarnya seorang pangeran , tetapi aku telah di sihir oleh nenek sihir menjadi seorang lutung. Hanya cinta sejatilah yang dapat menghilangkan kutukannya.
Purbalarang        : Bailah aku mengakui kekalahan ku. Aku juga meminta maaf telah jahat kepada mu , purbasari .
Purbasari             : Tidak apa-apa aku sudah memaafkan mu , purbararang .

Akhirnya Purbasari menjadi seorang ratu dengan di dampingi oleh seorang pemuda tampan yang bernama Lutung Kasarung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar